Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kejahatan Korporasi

Pengertian kejahatan korporasi

Pengertian kejahatan korporasi

dijelaskan dengan beberapa batasan pengertian kejahatan kaitannya dengan korporasi diantaranya adalah; 1. Crime for Corporation Merupakan kejahatan korporasi yang dilakukan untuk kepentingan korporasi itu sendiri bukan untuk kepentingan individu atau pelaku.

Apa yang dimaksud dengan kejahatan korporasi dan berikan contohnya?

Kejahatan korporasi adalah​​ tindak pidana yang dilakukan oleh dan oleh karena itu dapat dibebankan pada suatu korporasi karena aktivitas-aktivitas pegawai atau karyawannya (seperti penetapan harga, pembuangan limbah), sering juga disebut sebagai “kejahatan kerah putih”.

Apa saja kejahatan korporasi?

Kejahatan korporasi bersangkutan dengan: kejahatan kerah putih; mayoritas individu yang dapat bertindak sebagai atau mewakili kepentingan korporasi adalah profesional kerah putih; kejahatan terorganisasi; pelaku dapat mendirikan perusahaan untuk tujuan kejahatan atau sebagai kendaraan untuk mencuci hasil kejahatan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan korporasi?

Dalam konsep hukum pidana korporasi didefinisikan sebagai kumpulan orang atau harta kekayaan baik yang berbentuk badan hukum dan non badan hukum.

Faktor faktor apa saja yang mendorong kejahatan korporasi?

Salah satu faktor lain yang berpengaruh bagi terjadinya kejahatan korporasi selain struktur organisasi yang semakin luas, lingkungan ekonomi dan lingkungan politik adalah faktor budaya korporasi. Faktor budaya tersebut dan faktor lain yang sudah disebutkan saling mempengaruhi terjadinya kejahatan korporasi.

Apakah korporasi dapat dipidana?

Yang membedakannya dengan manusia adalah korporasi sebagai subjek hukum tentunya tidak dapat dikenakan pemidanaan berupa pidana yang merampas kemerdekaan badan (penjara). Hakim dapat menjatuhkan pidana terhadap Korporasi ATAU Pengurus, atau Korporasi DAN Pengurus, baik secara alternatif maupun kumulatif.

Sanksi hukum pidana apa yang dapat diterapkan pada korporasi?

Sanksi Yang Dapat Dijatuhkan diterapkan terhadap korporasi maka “corporate imprisonment” yang dalam hal ini adalah “pencabutan seluruh atau sebagian hak-hak tertentu atau penghapusan seluruh atau sebagian keuntungan tertentu” dapat dijadikan alternatif sanksi manakala pidana denda tidak dibayar oleh korporasi.

Apa yang dimaksud dengan kejahatan profesional?

(Professional Occupational crime) Kejahatan yang dilakukan oleh profesional dalam kapasitas pekerjaannya. Tipologi yang terkait dalam tulisan ini adalah kejahatan jabatan birokrasi. fungsi atau tugas utamanya melayani anggota-anggota masyarakat.

Apa arti dari white collar crime?

White-Collar Crime adalah tindak kecurangan seseorang yang memiliki posisi dan wewenang cukup tinggi pada sektor pemerintahan maupun sektor swasta. Sehingga dapat mempengaruhi suatu kebijakan dan keputusan.

Apa tujuan korporasi?

Korporasi (business organization) secara umum adalah suatu organisasi dimana sumber daya (input), seperti bahan baku dan tenaga kerja diproses untuk menghasilkan barang dan jasa (output) bagi pelanggan. Tujuan dari perusahaan secara umum ialah laba/keuntungan.

Siapa yang bertanggung jawab atas kejahatan korporasi?

Korporasi bertanggungjawab atas tindak pidana yang dilakukan oleh seorang pekerjanya, tanpa melihat status atau kedudukan orang tersebut di dalam korporasi. Tindak pidana terjadi karena pelaku memiliki jabatan sangat tinggi, dimana dianggap bahwa pemikirannya, ucapannya, sama dengan yang dilakukan oleh korporasi.

Apakah korporasi merupakan subjek hukum?

korporasi adalah subjek tindak pidana, berarti korporasi baik sebagai badan hukum maupun bukan badan hukum dianggap mampu melakukan tindak pidana dan dapat dipertanggungjawabkan dalam hukum pidana.

Mengapa korporasi tidak dapat dipidana menurut KUHP?

Bila kita melihat Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP), yang masih setia kita ikuti sampai sekarang ini, tindak pidana korporasi tidak dapat dijaring, sebab korporasi tidak termasuk subyek hukum atau pelaku. Dalam KUHP yang menjadi subyek hukum adalah manusia / orang saja.

Kapan suatu korporasi dapat dinyatakan sebagai pembuat atau melakukan suatu tindak pidana?

“Tindak pidana​​ oleh Korporasi merupakan tindak pidana yang dilakukan oleh orang berdasarkan hubungan kerja, atau berdasarkan hubungan lain, baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama yang bertindak untuk dan atas nama Korporasi di dalam maupun di luar Lingkungan Korporasi.”

Dimana diatur tindak pidana korporasi?

Korporasi sebagai salah satu subjek tindak pidana telah diatur dalam pasal 2 dan pasal 3 Undang – Undang Nomor 31 tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang menyebutkan bahwa salah satu unsur yang dikatakan tindak pidana korupsi adalah menguntungkan diri sendiri, orang lain dan korporasi.

Siapa pengurus dalam korporasi?

Yang dimaksud dengan "pengurus" adalah organ korporasi yang menjalankan kepengurusan korporasi. Sesuai dengan anggaran dasar, termasuk mereka yang dalam kenyataannya memiliki kewenangan dan ikut memutuskan kebijakan korporasi yang dapat dikualifikasikan sebagai tindak pidana korupsi.

Apa saja teori pertanggungjawaban korporasi?

Korporasi sebagai pelaku tindak pidana didasarkan pada tiga teori, yaitu Teori Strict Liability, Vicarious Liability dan Teori Identification.

Kapan suatu tindak pidana korupsi dianggap sebagai tindakan korporasi?

“Tindak pidana Korupsi dilakukan oleh korporasi apabila tindak pidana tersebut dilakukan oleh orang-orang baik berdasarkan hubungan kerja maupun berdasarkan hubungan lain, bertindak dalam lingkungan korporasi tersebut baik sendiri maupun bersama-sama.”

Apakah sebuah korporasi bisa dipertanggungjawabkan secara pidana dalam kasus tindak pidana korupsi?

Perkembangan selanjutnya adalah dalam hukum pidana yang tersebar di luar KUHP diatur bahwa korporasi dapat melakukan tindak pidana dan dapat pula dipertanggungjawabkan serta dipidana.

Apa dampak dari kejahatan korporasi?

Kejahatan korporasi menimbulkan kerugian negara serta masyarakat. Banyak perusahaan yang dengan sengaja atau bahkan berulangulang melakukan tindakan yang melanggar etika bisnis bahkan hukum yang berlaku. Tidak sedikit pula pelaku kejahatan korporasi yang lolos dari jeratan hukum.

13 Pengertian kejahatan korporasi Images

Master Jun Hong Lu Penderitaan dihari ini adalah buah akibat dari

Master Jun Hong Lu Penderitaan dihari ini adalah buah akibat dari

Dengan mengajarkan anakanak perihal otonomi tubuh sejak kecil mereka

Dengan mengajarkan anakanak perihal otonomi tubuh sejak kecil mereka

Kejahatan dan kegelapan belum menerima kekalahan kegelapan akan ter

Kejahatan dan kegelapan belum menerima kekalahan kegelapan akan ter

Kebaikan n kejahatan  Kutipan

Kebaikan n kejahatan Kutipan

Pin on yoongi syuga

Pin on yoongi syuga

A breadboard is very useful to make temporary connections without any

A breadboard is very useful to make temporary connections without any

Pin on Kendeng Lestari

Pin on Kendeng Lestari

36 Page Full Proposal Package  A4US Letter Project Proposal Template

36 Page Full Proposal Package A4US Letter Project Proposal Template

Doa Doa Pilihan

Doa Doa Pilihan

Encore Sans Pro  Download Spesimen PDF  Harga 6500 Typography

Encore Sans Pro Download Spesimen PDF Harga 6500 Typography

Pengertian Floppy Disk Sejarah Fungsi dan Cara Kerja Floppy Disk

Pengertian Floppy Disk Sejarah Fungsi dan Cara Kerja Floppy Disk

Font Tipografi Berkualitas Untuk Desain Korporasi Download Here

Font Tipografi Berkualitas Untuk Desain Korporasi Download Here

Post a Comment for "Pengertian Kejahatan Korporasi"